Super Bangkok Jelajah Jepara: Wisata Kuliner Jepara Lengkap

Super Bangkok Jelajah Jepara: Wisata Kuliner Jepara Lengkap



Bongkokjawa- Anda pasti punya hobi bukan sobat, nah jika anda suka atau gemar hobi yang satu ini, maka yangan lewatkan untuk membaca Super Bangkok Jelajah Jepara: Wisata Kuliner Jepara Lengkap. Dijamin anda akan mendapatkan pengalaman baru dari setiap apa yang anda baca. Atau anda kurang tertarik dengan hobi tersebut. Temukan alternatif lainya di portal ini. Ikuti dan jangan sampai ketinggalanya.

Artikel Hobi yang lain:


Super Bangkok Jelajah Jepara: Wisata Kuliner Jepara Lengkap

Ada banyak wisata kuliner khas Jepara yang sangat fenomenal dan wajib untuk Anda kunjungi. Dan disini kami akan berikan untuk Anda informasi lengkapnya mengenai wisata kuliner khas Jepara paling fenomenal yang wajib Anda kunjungi.

Wisata Kuliner Jepara Lengkap

Bagi kamu yang berencana mengunjungi Jepara, tapi masih bingung apakah disana ada restaurant atau rumah makan yang baik, maka disini saya beritahu sekarang juga. Inilah daftar restaurant terbaik di Jepara:

1. Yam-Yam Restaurant
2. The Gecho Cafe
3. Jepara Marina Bar & Restaurant
4. J & J Cafe
5. PM Resto & Cafe
6. Seaside Beach Resto & Lounge
7. Ayam Goreng Kremes Pak Pono
8. Flamingo Joe's Restaurant
9. Elim Hotel & Restaurant
10. Nareswari Resto
11. Maribu Resto
12. La Marina Family Resto & Cafe
13. Gudeg Suyek Jepara
14. Eat & Meet
15. Pring Pitoe
16. Sriya Cafe
17. Jepara Garden Resto
18. Ikan Bakar Bu Sri
19. Lovecake's
20. Rengkot Buyut
21. Kedai Sambal Jepara
22. La-Tampah Resto
23. MBS Bistro Cafe Jepara

Masih Kurang Puas? Ada lagi tempat-tempat wisata kuliner di Jepara yang harus kamu kunjungi.

1. Shopping Center Jepara (SCJ) berlokasi di sebelah utara alun-alun kota, buka dari sore hingga malam hari.
2. Bundaran Ngabul berlokasi di desa Ngabul Kecamatan Tahunan, buka dari sore hingga malam hari.
3. Pasar Sore Karangrandu (PSK) berlokasi di desa Karangrandu Kecamatan Pecangaan, buka setiap sore hari.
4. Pasar Payung berlokasi di desa Plajan Kecamatan Pakis Aji, buka setiap sore hari.
5. Pasar Kaget Sukodono (PKS) berlokasi di desa Sukodono Kecamatan Tahunan, buka dari sore sampai menjelang malam hari.

Makanan dan minuman yang dijual adalah khas Jepara, seperti:

Makanan

1. Pindang Serani
2. Soto Jepara
3. Soto Bumbu
4. Sop Udang
5. Sop Pangsit Jepara
6. Opor Panggang
7. Bongko Mento
8. Lontong Krubyuk
9. Singit
10. Semur Jepara
11. Sayur Pepaya Jepara
12. Sayur Asem Jepara
13. Sayur Betik
14. Kelan Antep
15. Gule Petih Jepara
16. Laksa Jepara
17. Sayur Kluak Ayam
18. Kagape Kambing
19. Bakso Ikan Ekor Kuning
20. Siomai Tongkol
21. Tongseng Cumi
22. Bontosan
23. Horok-Horok
24. Sate Kikil
25. Pecel Ikan Laut Panggang
26. Tempong
27. Sambal Petis
28. Sambal Raden
29. Sambal Jambu Mete
30. Urap
31. Brayo
32. Latoh
33. Kerayanan

Minuman

1. Sutet
2. Wedang Horok-Horok
3. Kopi Dapur Kuwat
4. Kopi Tempur
5. Kopi Damarwulan
6. Adon-Adon Cara
7. Es Gempol Pleret
8. Dawet Jepara

Jajan Pasar

1. Turuk Bintol
2. Tawur
3. Kicak
4. Lapis
5. Rondo Royal
6. Putu Sagu
7. Getuk Pero
8. Madu Mongso
9. Poci
10. Talam
11. Moka
12. Sengkolon
13. Klenyem
14. Kenyol
15. Nagasari
16. Mata Belong

Semua keterangan lengkapnya dari artikel ini dapat kamu baca di wikipedia.

Menu Sarapan

Untuk mencari menu sarapan di Jepara memang susah-susah gampang. Hal ini karena mayoritas warung makan rata-rata buka pukul 8 pagi, sedangkan kaki lima juga baru akan buka di atas pukul 4 sore. Salah satu solusinya adalah dengan mencarinya langsung ke pasar tradisional. Salah satu tempat sarapan yang ramai di pasar tersebut adalah Soto Ayam Pasar. Tempat ini berupa gerobak yang terletak di pelataran parkir Pasar Jepara II. Menu Soto Ayam Pasar terdiri dari semangkuk nasi yang disiram dengan kuah soto dan dilengkapi dengan suwiran daging ayam. Kuah soto nya terbuat dari kaldu ayam yang diberi bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, dan kemiri. Dan, dimasak selama 30 menit dengan api sedang. Untuk semangkuk Soto Ayam plus nasi Anda hanya cukup membayar Rp 3 ribu, selain itu tempat ini juga menyediakan aneka lauk seperti Perkedel Kentang dan Tempe Goreng seharga R 500 per potong. Tempat ini buka setiap hari dari pukul 06.00-11.00 WIB.

Berjarak 3 km arah timur dari Alun-alun Kota Jepara terdapat sebuah desa bernama Senenan. Desa tersebut terkenal sebagai salah satu sentra kerajinan ukir di Jepara. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya showroom mebel di Desa Senenan. Selain sebagai sentra kerajinan ukiran, di desa ini juga ada satu warung yang sangat terkenal, yaitu Warung Sop Udang Senenan.

Warung ini mempunyai menu istimewa berupa Sop Udang. Begitu terkenalnya, hingga dalam sehari warung tersebut dapat menjual tak kurang dari 200 porsi. Keistimewaan dari Sop Udang buatan warung ini adalah kuah kaldunya yang tidak amis namun beraroma khas udang. Proses pembuatan kaldu tersebut tidak terlalu lama hanya berkisar 15-20 menit saja. Setelah kaldu jadi, udang dikeluarkan dan ditiriskan untuk selanjutnya digoreng hingga kecokelatan. Karena telah direbus, udang goreng ini sangat renyah di luar namun lembut di dalam. Sop Udang ini dapat dinikmati setiap hari dari pukul 09.00-15.00 WIB dengan harga per porsi Rp 5 ribu. Selain Sop, warung ini juga menjual aneka kudapan seperti Tempe Goreng dan Bakwan Jagung dengan harga Rp 500 per buah, dan Peyek Udang seharga Rp 2 ribu. Warung berkapasitas 25 orang ini mempunyai satu kekurangan, yaitu tidak adanya papan nama dan bangunannya yang hanya berupa rumah biasa sehingga agak menyulitkan bagi para pendatang yang ingin makan di sana. Namun tak perlu cemas, karena sebagian besar sopir Angkudes K 07 dan tukang becak sudah kenal dengan tempat ini sehingga tidak perlu repot untuk mencarinya.

Makan Siang

Untuk sajian makan siang, Anda dapat mencoba salah satu panganan khas Jepara yang bernama Horog-Horog. Makanan tersebut hanya dijual di beberapa tempat, salah satunya di Warung Bakso Pak Samba. Warung tersebut terletak di pinggir jalan Jepara-Kudus sebelum Desa Senenan. Horog-horog adalah panganan khas Jepara berupa olahan sagu sebagai makanan pengganti nasi dan biasanya dihidangkan dengan Bakso maupun Pecel. Cara membuat makanan ini, tepung sagu yang telah diaduk dengan air didiamkan dalam sebuah wadah selama 1 hari. Setelah itu, adonan tersebut dibungkus dengan daun jati dan dikukus selama 1 jam hingga matang. Cara memakannya adalah menyelupkannya ke dalam mangkok bakso dan disendok seperti makan nasi. Harga makanan khas ini Rp 500 per bungkus.

Padanan yang pas untuk disandingkan dengan Horog-horog adalah Mie Bakso Babat, yang merupakan variasi Mie Bakso. Menu ini dijual Rp 7,5 ribu.

Meskipun telah menyantap Horog-horog dengan Mie Bakso Babat ala Jepara, masih belum dapat dibilang komplit jika belum mencicipi Pindang Serani. Pindang Serani ini adalah salah satu menu khas Jepara berupa Sop Ikan. Letak istimewa menu ini adalah rasa kuahnya yang pedas dan segar serta daging ikan yang tidak amis dan empuk.

Penjual Pindang Serani di Jepara cukup banyak, seperti di sepanjang pantai Bandengan, Pongro, dan Kartini. Di jalan menuju Pantai Kartini ini ada dua resto yang menyajikan menu ini yaitu Lumintu dan Pondok Bambu Samadyo. Menu Pindang Serani ala Pondok Bambu Samadyo kuahnya terasa begitu pedas segar dan daging ikan kakapnya empuk, namun tidak amis.

Membuat kuah Pindang Serani diperlukan bumbu berupa bawang merah, bawang putih, batang serai, jahe, lengkuas, cabai merah, dan cabai rawit hijau. Setelah itu, air dididihkan dan dimasukkanlah bumbu-bumbu tersebut. Saat kuah telah setengah jadi maka ikan kakap yang telah dipotong 5 bagian dimasukkan. Setelah itu, kuah diberi kunyit dan daun jeruk agar amis ikan hilang. Proses memasaknya hanya memakan waktu 15 menit karena jika terlalu lama daging ikan
hancur.

Setelah matang aroma yang menguar dari meni ini sangat menggoda karena sangat harum, rasanya pun sangat mantap! Untuk mencicip menu otentik asal Jepara ini cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 5 ribu per ons untuk ikan kakap putih. Jam buka resto ini dari pukul 08.00-21.00 WIB.

Kuliner Malam

Kota Jepara yang tenang di siang hari berubah menjadi semarak dan ramai pada malam hari. Sentra makanan malam hari di Jepara terdapat di beberapa titik, yaitu di kawasan perdagangan Jalan Diponegoro, dan di belakang Shopping Center Jepara (SCJ). Di kawasan perdagangan Jalan Diponegoro, terdapat berbagai macam penjual makanan mulai dari Depot Sari Laut Cak Eko khas Jawa Timur, Soto Ayam khas Semarang, Warung Penyet khas Lamongan, hingga aneka Martabak manis dan Martabak Telur.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Super Bangkok Jelajah Jepara: Wisata Kuliner Jepara Lengkap"

Posting Komentar