Super Bangkok Cara Mencari Hari Laga Ayam Menurut Primbon

Super Bangkok Cara Mencari Hari Laga Ayam Menurut Primbon



Bongkokjawa- Anda pasti punya hobi bukan sobat, nah jika anda suka atau gemar hobi yang satu ini, maka yangan lewatkan untuk membaca Super Bangkok Cara Mencari Hari Laga Ayam Menurut Primbon. Dijamin anda akan mendapatkan pengalaman baru dari setiap apa yang anda baca. Atau anda kurang tertarik dengan hobi tersebut. Temukan alternatif lainya di portal ini. Ikuti dan jangan sampai ketinggalanya.

Artikel Hobi yang lain:


Super Bangkok Cara Mencari Hari Laga Ayam Menurut Primbon

Untuk diketahui, sebetulnya hitungan primbon ayam bangkok yang saya jabarkan di artikel ini adalah murni warisan turun temurun dari kakek buyut saya yang mengalirkan darah pehobi ayam di tubuh saya. Awalnya primbon hitungan ini adalah rahasia dan hanya diketahui oleh saudara-saudara saya sesama pehobi ayam. Akan tetapi, karena saya menganggap yang namanya ilmu itu tidak boleh disembunyikan, terlebih bila ada yang menanyakannya, maka saya pun memutuskan untuk membocorkan rahasia ini.

Cara Mencari Hari Laga Ayam Menurut Primbon

Dalam primbon ayam bangkok yang saya pahami dari kakek buyut saya, ada 5 hal yang benar-benar harus diperhatikan sebelum menurunkan ayam bangkok kita di medan laga. Kelima hal tersebut antara lain mengenali ayam bangkok kita, mengetahui nilai hari dan pasaran Jawa, menentukan hari keberuntungan untuk menurunkan ayam sesuai jenisnya, arah turunnya ayam, dan terakhir warna baju yang kita kenakan saat pertarungan. Kelima hal tersebut telah saya jelaskan secara rinci sebagaimana berikut:

1. Kenali Nilai Warna Sisik Kaki Ayam Bangkok Anda

Yang pertama adalah kenali nilai warna sisik kaki ayam bangkok Anda. Ya, dalam perhitungan primbon ayam bangkok, salah satu bagian fisik pada ayam yang kerap digunakan untuk menentukan keberuntungan dalam pertarungan adalah warna sisik kakinya. Seperti kita ketahui, warna sisik kaki ayam bangkok sangatlah beragam, ada yang hitam, putih, kuning, dan lain sebagainya. Masing-masing warna sisik kaki tersebut memiliki nilai hitungan sendiri-sendiri.

Warna sisik kaki hitam bernilai gangsal atau 5.
Warna sisik kaki putih bernilai pithu atau 6.
Warna sisik kaki bermotif hitam bernilai gangsal atau 7.
Warna sisik kaki hijau lumut bernilai gangsal atau 8.
Warna sisik kaki kuning bernilai songo atau 9.

2. Ketahui Nilai Neptu Weton Jawa

Setelah mengetahui nilai warna sisik kaki, langkah selanjutnya adalah Anda harus mengetahui nilai neptu weton Jawa, yakni nilai hari dan nilai pasaran. Dalam kalender Jawa, kita mengenal 7 nama hari dan 5 nama pasaran. Masing-masing hari dan pasaran tersebut juga memiliki nilai yang berbeda sebagaimana berikut:
Minggu = 5 Senin = 4 Selasa = 3 Rabu = 7 Kamis = 8 Jumat = 6 Sabtu = 9 Wage = 4 Kliwon = 8 Legi = 5 Pahing = 9 Pon = 7.

3. Menentukan Hari Turun Gelanggang

Setelah mengetahui nilai warna sisik kaki, nilai neptu hari, dan nilai neptu pasaran, sekarang Anda sudah bisa menentukan hari yang sebaiknya dipilih untuk menurunkan ayam aduan Anda ke medan gelanggan. Bagaimana cara menentukannya?

Dalam primbon ayam bangkok yang sebetulnya tidak tertulis karena diwariskan secara turun temurun dalam keluarga saya, disebutkan bahwa kita dapat menentukan hari baik turun gelangang dengan menyesuaikan ayam yang akan kita tarungkan.

Dalam hal ini, nilai warna kaki ayam yang akan kita turunkan sebaiknya disesuaikan dengan nilai pasaran dan nilai harinya. Contoh, jika ayam kita adalah ayam dengan sisik kaki berwarna kuning yang bernilai 9 (sembilan), maka kita harus menurunkan ia pada hari dengan nilai 2x9= 18 (delapan belas). Nilai neptu 18 hanya dapat ditemukan pada hari Sabtu Pahing, yang mana Sabtu bernilai 9 dan Pahing bernilai 9.

Contoh selanjutnya, jika ayam yang kita akan turunkan memiliki sisik kaki berwarna putih (dalam hal ini bernilai 6), maka kita harus menurunkan ayam tersebut pada hari dengan nilai neptu 2x6= 12 (dua belas). Nilai neptu tersebut dapat ditemukan pada weton Selasa Pahing, Senin Kliwon, Minggu Pon, Rabu Legi, dan Kamis Wage. Semua weton tersebut memiliki nilai neptu 12. Bila tak percaya, hitunglah lagi! Sudah cukup jelas bukan?

Zaman sekarang dunia semakin modern, permainan Sabung ayam masih sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Tapi tentang mitos mengenai pantangan terhadap ayam aduan masih ada. Mengenai hal ini, bagi orang Jawa yang masih menyukai Sabung Ayam sebagian orang percaya terhadap weton.

Masih banyak orang orang yang mempercayai tentang primbon, khusunya tentang ayam bangkok untuk mencari hari baik serta larangan atau pantangan saat membawa ayam tarungnya ke area laga / pertandingan. Menurut Primbon jawa khususnya yang mengulas tentang ayam bangkok aduan , ada hari dan pantangan khusus yang harus di hindari saat membawa ayam tarung ke area laga/ pertandingan.

Berikut ini larangan -larangan yang masih ada di kalangan orang Jawa terhadap ayam Bangkok atau Ayam Aduan :

– Jika kita akan pergi ke area pada hari jumat legi, bawalah ayam yang memilik warna wiring galih.

– Jika kita akan pergi pada hari jumat kliwon, bawalah ayam yang memiliki warna apa saja, yang penting ayam tersebut menjadi jagoan di daerahnya serta ayam tersebut memiliki badan yang  atletis serta tegap.

– Jika kita membawa ayam bangkok pergi ke area pada hari rabu pon, sebaiknya bawalah ayam yang memiliki warna wido jalak.

– Jika kita membawa ayam pada hari dan pasaran Rabu legi, bebas untuk menentukan ayam dan kita bisa membawa ayam tersebut pergi ke area pertandingan manapun.

– Jika pada hari rabu Kliwon, ayam bangkok tidak boleh untuk dilagakan.

– Jika pada hari rabu legi, ayam bangkok kita tidak boleh di bawa ke arah selatan dan arah utara.

– Jika pada hari rabu wage, ayam bangkok kita tidak boleh di bawa ke daerah dan arah utara.

– Jika pada hari dan pasaran rabu pahing, ayam bisa untuk kita bawa pergi kemanapun sesuka hati anda.

Yang mungkin perlu anda perhatikan saat dan mewaspadai di daerah area laga orang atau musuh kita. Sebab kita wajib berhati-hati mungkin saja lawan laga kita akan melakukan kecurangan yang tidak kita sadarkan baik secara fisik atau secara halus.

Ini adalah tips larangan Ayam Bangkok dalam Sabung ayam tetapi sebaiknya semua ini kita serahkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Silakan di ambil yang menurut anda adalah positif dan masuka akal.

Supaya lebih paham cara mencari hari baik untuk laga ayam, simaklah video berikut ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Super Bangkok Cara Mencari Hari Laga Ayam Menurut Primbon"

Posting Komentar