Super Bangkok Cara Saya Membuat Kandang Ayam Dengan Biaya Murah Bahkan Tanpa Biaya

Super Bangkok Cara Saya Membuat Kandang Ayam Dengan Biaya Murah Bahkan Tanpa Biaya



Bongkokjawa- Anda pasti punya hobi bukan sobat, nah jika anda suka atau gemar hobi yang satu ini, maka yangan lewatkan untuk membaca Super Bangkok Cara Saya Membuat Kandang Ayam Dengan Biaya Murah Bahkan Tanpa Biaya. Dijamin anda akan mendapatkan pengalaman baru dari setiap apa yang anda baca. Atau anda kurang tertarik dengan hobi tersebut. Temukan alternatif lainya di portal ini. Ikuti dan jangan sampai ketinggalanya.

Artikel Hobi yang lain:


Super Bangkok Cara Saya Membuat Kandang Ayam Dengan Biaya Murah Bahkan Tanpa Biaya

Anda memiliki hobi beternak ayam? Entah itu ayam kampung, ayam bangkok, ayam sayur, ayam kate, atau ayam-ayam lain pasti sudah kenal yang namanya kandang ayam. Nah, disini saya akan bercerita mengenai cara membuat kandang ayam dengan biaya yang murah atau bahkan tanpa biaya sepeserpun. Memang bisa? Saya jawab, bisa!

Membuat Kandang Ayam Dengan Biaya Murah

Kandang merupakan sarana yang paling penting dalam beternak segala jenis hewan peliharaan, termasuk beternak ayam. Kandang ayam tidak bisa dipandang sebelah mata. Justru, salah satu penentu keberhasilan dalam ternak ayam adalah kandang yang digunakan, bisa menyangkut segi kebersihan, luasan ruang dari kandang itu sendiri, hingga keamanan dari gangguan dari luar kandang.

Jika diibaratkan, kandang itu seperti layaknya rumah pada kehidupan manusia yang merupakan kebutuhan primer. Ayam juga begitu, perlu dikasih fasilitas yang layak untuk perkembangbiakan hidupnya. Agar nanti pertumbuhannya bagus dan cepat besar, jika dijual bisa memiliki harga yang pantas.

Manfaatkan Barang-Barang Yang Ada

Artinya disini adalah ketika Anda ingin membuat kandang untuk ayam, tapi terbatas oleh bahan-bahan dasarnya, pikirkan lagi secara terbuka. Biasanya, kendala yang dialami oleh pembuat kandang ayam adalah kurangnya salah satu komponen pembuat kandang, entah itu kayunya, bambu, atau papan tripleknya.

Ketika saya membuat kandang, saya hanya memanfaatkan kayu bakar milik ibu saya yang tersedia di pinggir pawon (dapur), saya pilih-pilih kayu yang baik, lurus, dan kokoh, ukuran bisa relatif disamakan saja. Nah kalau bambu, saya ambil milik mbah yang sudah tidak terpakai, lalu paku saya peroleh dari sisa yang digunakan kakak. Dari langkah ini saja, sudah bisa dikatakan ketika saya membuat kandang ayam hanya membutuhkan biaya yang sangat minim, bahkan bisa tanpa biaya sekalipun.

Ketika membuat kandang ayam dengan ketersediaan bahan baku yang terbatas, tentu ada saja bagian kandang yang belum terbentuk secara sempurna. Misalnya, kandang yang saya buat belum ada penutup atau semacam jeruji bambu di samping. Karena bambu yang saya gunakan sudah habis, saya ganti saja menggunakan bekas banner yang sudah tidak digunakan. Dengan begitu, bagian yang tadinya masih bolong bisa ditutupi menggunakan banner tersebut.

Uji Kelayakan Kandang

Setelah kandang dibuat, tentu saja tidak langsung dimasuki anak ayam begitu saja kan ya. Kita juga harus menata letak perlengkapan-perlengkapan lain yang dibutuhkan untuk pemeliharaan ayam nantinya. Misal saja, wadah pakan yang saya gunakan bukan model yang hanya kepala ayam saja yang bisa masuk tapi saya buat dengan model lebar, bisa muat untuk seluruh ayamnya. Jika ayam-ayam yang di dalam kandang itu makan, maka pakannya tidak akan tumpah atau berserakan kemana-mana karena wadah pakan yang digunakan sangat lebar. Dengan begitu, posisi wadah pakan dalam kandang itu harus diperhatikan agar tidak terlihat sempit.

Dalam memelihara ayam yang masih kecil, hal lain yang harus diperhatikan adalah penghangat ruangan. Saya menggunakan lampu model bohlam 5 watt saja sudah cukup hangat, asalkan ketinggian bohlam dengan dasar lantai harus diperhatikan. Semakin rendah posisi bohlam terhadap lantai, maka suhu yang akan didapatkan oleh si ayam akan semakin hangat. Tapi perhatikan juga watt bohlamnya. Jangan sampai watt bohlamnya semakin tinggi malah posisinya semakin rendah, nanti ayamnya bisa kepanasan.

Nah, itulah sedikit ulasan sari saya mengenai cara pembuatan kandang ayam dengan biaya yang sangat murah. Jika bermanfaat, silahkan share artikel ini kepada orang banyak agar semakin banyak orang yang tahu. Selamat berkreasi!

Oh ya, saya juga punya video tentang bentuk desain kandang ayam yang bisa Anda simak berikut ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Super Bangkok Cara Saya Membuat Kandang Ayam Dengan Biaya Murah Bahkan Tanpa Biaya"

Posting Komentar