Super Bangkok Jelajah Jepara: Wisata Pantai Ombak Mati Bondo Jepara

Super Bangkok Jelajah Jepara: Wisata Pantai Ombak Mati Bondo Jepara



Bongkokjawa- Anda pasti punya hobi bukan sobat, nah jika anda suka atau gemar hobi yang satu ini, maka yangan lewatkan untuk membaca Super Bangkok Jelajah Jepara: Wisata Pantai Ombak Mati Bondo Jepara. Dijamin anda akan mendapatkan pengalaman baru dari setiap apa yang anda baca. Atau anda kurang tertarik dengan hobi tersebut. Temukan alternatif lainya di portal ini. Ikuti dan jangan sampai ketinggalanya.

Artikel Hobi yang lain:


Super Bangkok Jelajah Jepara: Wisata Pantai Ombak Mati Bondo Jepara

Pantai Bondo atau masyarakat sekitar lebih mengenalnya dengan nama Pantai Ombak Mati adalah salah satu pantai tercantik di Jepara yang terletak di desa Bondo Bangsri Jepara. Dinamakan Pantai Ombak Mati karena ombak di pantai ini benar-benar hampir tidak ada.

Wisata Pantai Ombak Mati Bondo Jepara

Pantai Bondo atau Pantai Ombak Mati ini adalah salah satu objek wisata alternatif yang dapat Anda kunjungi jika sedang berada di Jepara. Suasana pantai ini cukup sepi dan tenang. Anda bisa menikmati keindahan pantai Bondo ini tanpa harus mendengar hiruk-piruk wisatawan lainnya.

Desa bondo sendiri bisa dicapai melalui tiga jurusan, kalau teman-teman dari kota jepara sendiri kira-kira 25KM kearah utara nanti kalo ada pertigaan lampu merah di daerah mlonggo depan madrasah ada plang tulisan arah bondo nanti belok kekiri dan lurus, juga ada angkot yang menuju kesana tapi untuk pagi hari saja, sebelum sampai di bondo kalian akan melewati tiga desa yaitu desa jambu, srobyong, dan karanggondang, sepanjang perjalanan menuju desa bondo kalian juga akan di suguhi pantai-pantai lainnya seperti pantai ujung piring, pantai pailus, pantai mpu rancak dan pantai lainnya.

Kalau kalian dari daerah keling atau pati kalian bisa lewat jalur menuju PLTU di daerah bandung wedelan atau juga bisa lewat jalur pertigaan depan pasar kembang melewati desa kancilan, tubanan, dan kaliaman, kalo temen-temen dari daerah bangsri kalian bisa lewat perempatan bangsri kearah jerukwangi atau juga bisa lewat daerah jetis di pertigaan selatan lapangan bangsri kalo lewat sana kalian akan disuguhi hutan belantara sekitar 7kilo meteran, nah sebelum masuk ke area pantai bondo kalian akan disuguhi oleh pemandangan persawahan yang panjang yang terpampang luas dan terlihat juga pembangkit listrik tenaga uap terbesar kedua di Indonesia setelah PLTU Paiton di jawa timur yaitu PLTU Tanjung Jati, di dekat sawah juga ada makam Kristen namaya makam toenggoel woeloeng.

Sekitar 100 meter dari sana kalian akan memasuki wilayah pantai, terdapat sebuah patung berbentuk seorang nelayan yang membawa jaring dan ikan symbol dari kehidupan di daerah pesisir yang memang kebanyakan menjadi nelayan. Dari pertigaan kalo kalian pengen beli ikan tinggal lurus yang menuju ke TPI atau tempat pelelangan ikan, kalau kalian pengen mandi dan berwisata kalian belok ke kanan atau utara.

Jreng, setelah mutar-mutar, kalian akan terpesona melihat indahnya pantai di desa bondo yang luas dan berpasir putih terlihat juga tanjung jati di utara dan tanjung piring di selatan dari pantai. Di area pantai juga terdapat bekas gudang yang dulunya sebagai gudang penyimpan udang hasil tangkapan, tapi sekarang sudah roboh dan menjadi tambak ikan.

Di sepanjang bibir pantai terdapat juga warung makanan khas pesisir dan juga para pedagang yang menyewakan ban untuk berenang dan tempat bilas, jika kalian berkunjung kesana jangan khawatir kepanasan karna banyak pohon pandan yang siap untuk kalian berteduh, dan yang mungkin paling kalian sukai adalah masuk area pantai ini tidak dipungut biaya loh alias gratis, nah loh? Enak kan, bisa menikmati pantai yang indah dan bersih tanpa harus bayar, tapi ingat ya... kalau buang sampah itu jangan di sembarang tempat, bisa merusak ekosistem pantai dan laut dan membuat kumuh area pantai.

Meski Pantai Bondo sangat cantik, tapi masih ada beberapa hal yang harus dibenahi pengelola untuk memajukan wisata ini, antara lain adalah:

Perbaikan dan pelebaran jalan

Kondisi jalan di desa Bondo, sempit, banyak berlubang, dan belum beraspal. Kondisi jalan seperti ini terutama ditemukan di jalan menuju ke kawasan pantai Bondo. Akibat banjir yang terjadi beberapa waktu yang lalu menyebabkan jalan menuju pantai ini rusak parah dan belum ada usaha perbaikan. Selain itu, jalan di kawasan pantai sendiri, belum beraspal, dan sempit, lebar jalan hanya sekitar 3-4 meter, dan dapat dilalui satu buah mobil, padahal masih terdapat lahan kosong di pinggiran jalan tersebut. Oleh sebab itu, diperlukan pelebaran jalan setidaknya sampai 6 meter, sehingga memudahkan dalam sirkulasi lalu lintas wisatawan, jika pantai tersebut akan dikembangkan sebagai kawasan wisata.

Perbaikan jalan menjadi jalan beraspal atau jalan dengan paving, yang lebih menyerap air, akan memperlancar transportasi di kawasan wisata pantai Bondo. Perbaikan jalan dan pelebaran jalan menuju kawasan pantai sangat diperlukan karena sebagai akses masuk utama menuju kawasan pantai, sehingga transportasi yang lancar sangat diperlukan. Selain itu, perbaikan jalan keluar desa Bondo, atau menuju ke kecamatan Bangsri juga sangat penting, karena dapat meningkatkan aksesbilitas desa Bondo dengan desa yang lain dalam kecamatan Bangsri maupun dengan luar kecamatan, sehingga potensi desa Bondo sebagai sentra perdagangan dan pengolahan ikan, serta sentra wisata dapat dikembangkan.

Peningkatan ketrampilan masyarakat

Masyarakat berperan aktif dalam program pelatihan ketrampilan baik yang diadakan oleh pemerintah maupun yang diadakan oleh sekelompok masyarakat sendiri. Hal ini agar masyarakat yang menganggur dapat menerapkan ketrampilan yang didapat dari program pelatihan. PNPM (Program Nasional Pengembangan Masyarakat) merupakan salah satu pelatihan berupa pengolahan ikan mentah menjadi makanan jadi seperti abon tuna, sosis, nuget, krupuk dan bahan olahan lainnya.

Peningkatan kualitas pendidikan

Kualitas pendidikan di desa Bondo yang masih rendah dan berpengaruh terhadap jumlah pengangguran, serta kurangnya kreativitas masyarakat desa Bondo untuk menciptakan lapangan kerja sendiri menyebabkan pentingnya perbaikan mutu pendidikan di desa Bondo. Perbaikan kualitas pendidikan dapat dilakukan dengan penambahan jumlah fasilitas pendidikan, seperti sekolah,baik sekolah akademik, maupun sekolah ketrampilan, hingga tingkat menengah ke atas. Perbaikan sistem pendidikan, yaitu tidak hanya berdasarkan buku, tapi dapat langsung dengan observasi lapangan, sehingga siswa lebih dapat mengenal lingkungannya. 

Pola pembelajaran seperti ini akan lebih efektif dibandingkan dengan duduk berapa jam mendengarkan ajaran dari tenaga pengajar. Selain itu, penyediaan buku gratis akan memperluas wawasan generasi pemuda di desa Bondo, sehingga dapat merubah cara pandang mereka terhadap kehidupan. Cara pandang ini, akan menciptakan inovasi-inovasi terbaru untuk mengembangkan potensi di desa mereka.

Peningkatan fasilitas penunjang wisata

Salah satu potensi yang ada di desa Bondo adalah potensi wisata. Wisata pantai desa Bondo dapat dikembangkan menjadi wisata yang sangat menarik, melebihi pantai Bandengan dan Kartini yang sudah lebih dikenal orang. Untuk mendukung pengembangan pariwisata ini, sebaiknya disekitar pantai Bondo dibangun penginapan, kawasan perdagangan, dan berbagai layanan olahraga air, untuk menarik minat wisatawan. Banyaknya lahan non terbangun di desa Bondo dapat dikonversikan menjadi penginapan dengan melihat aspek lingkungan di desa Bondo. Sehingga konversi lahan ini tidak menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan. Penyediaan layanan permainan air, memberi daya tarik khusus bagi kawasan wisata pantai. Selain itu, fasilitas perdagangan akan sangat mendukung aktivitas wisata yang berlangsung di desa Bondo, berupa perdagangan kerajinan khas Bondo, Jepara, hasil pertanian, perkebunan, maupun perdagangan hasil pengolahan ikan. Selain itu, Pemerintah juga perlu bekerja sama dengan investor swasta untuk membantu usaha pengembangan pariwisata desa Bondo.

Peningkatan industri pengolahan ikan

Selama ini, industri pengolahan ikan di desa Bondo masih sangat sederhana dan masih dalam skala home industry. Untuk mengembangkan industi pengolahan ikan tersebut, sebaiknya kawasan industri pengolahan ikan membentuk sistem cluster, dimana terdapat home industri yang masih menggunakan peralatan sederhana, dan industri yang besar. Kawasan home industri berada di sekitar pantai, sehingga dapat dijadikan salah satu objek wisata bagi wisatawan, selain wisata pantai. Industri dalam skala besar berada jauh dari kawasan pantai, untuk tujuan perdagangan yang lebih besar, dan harus didukung oleh aksesibilitas terutama jaringan jalan dan alat transportasinya.

Penyediaan sarana angkutan umum

Perkembangan suatu kawasan tidak lepas dari sistem transportasi yang baik, terutama dalam hal penyediaan sarana angkutan umum. Oleh sebab itu, untuk mendukung mobilitas penduduk Desa Bondo yang semakin tinggi, sebagai akibat dari perkembangan Desa Bondo sebagai sentra wisata, perdagangan, dan pengolahan ikan, maka diperlukan sarana angkutan umum. Sarana angkutan umum tersebut natinya akan melayani penduduk baik di dalam desa Bondo, maupun penduduk di luar Desa Bondo yang akan menuju-keluar Desa Bondo.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Super Bangkok Jelajah Jepara: Wisata Pantai Ombak Mati Bondo Jepara"

Posting Komentar